Mengakrabi 10 Gunung di Jawa Timur. Mana yang Sudah Kamu Daki?

Wedang Kopi Prambanan Jawa Timur dikenal dengan destinasi wisatanya yang indah luar biasa. Bukan hanya itu, Jawa Timur juga dikenal dengan deretan gunungnya yang cantik dan rekomended untuk diakrabi. Jawa Timur selalu jadi incaran para pendaki. Di Jawa Timur ini, kamu bisa menjumpai gunung-gunung yang rekomended untuk pendaki pemula atau junior sampai gunung-gunung yang rekomended untuk didaki oleh para pendaki senior. So, buat kamu yang suka naik gunung atau ingin mencoba jadi anak gunung, berikut beberapa gunung di Jawa Timur yang harus kamu tahu dan harus kamu akrabi. Simak nih.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru ini salah satu gunung hits di Jawa Timur. Gunung ini juga sempat dijadikan setting tempat dalam film 5cm. Dengan ketinggian 3.676 mdpl, Gunung Semeru ini jadi gunung tertinggi di pulau Jawa. Di sini, kamu bisa menjumpai keeksotisan tanjakan cinta, padang lavender Oro-oro Ombo dan danau Ranu Kumbolo yang fenomenal itu

2. Gunung Bromo

Gunung Bromo berada di empat kabupaten yaitu  Kab. Malang, Kab. Probolinggo, Kab. Pasuruan, dan Kab. Lumajang . Memiliki ketinggian sekitar 2329 mdpl, Gunung Bromo ini memiliki keindahan yang bisa dikatakan surga dunia.

3. Gunung Ijen

Gunung Ijen terletak di perbatasan Kab. Banyuwangi dan Kab. Bondowoso, Jawa Timur.  Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.443 mdpl pesona api biru atau blue fire saat malam hari. Benar-benar epic sekali.

4. Gunung Kelud

Gunung Kelud berada di perbatasan Blitar dan Kediri. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.731 mdpl ini sangat rekomended untuk para pendaki pemula. Pastikan kamu bawa air yang banyak kalau mendaki kesini, karena di gunung ini tidak ada persediaan air.

5. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno terletak di perbatasan Kab. Malang dan Kab. Mojokerto, Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.339 mdpl ini bersebelahan dengan gunung Welirang. Ada 4 jalur menuju gunung ini, yaitu jalur Tretes, Purwosari, Lawang dan jalur dari kota Batu.

6. Gunung Welirang

Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl, lokasinya bersebelahan dengan Gunung Arjuna. Sama seperti Gunung Arjuna, untuk sampai di puncak Gunung Welirang ada 4 jalur yang bisa kamu pilih yaitu jalur Tretes, Purwosari, Lawang dan jalur dari kota Batu.

 

7. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan memiliki ketinggian sekitar 1.653 mdp. Gunung satu ini masih satu kawasan dengan gunung Welirang dan Gunung Arjuno. Gunung ini memiliki jalur yang cukup ekstrim dan sarat akan sejarah.

8. Gunung Raung

Gunung Raung memiliki ketinggian sekitar 3.332 mdpl, lokasinya ada di kawasan Banyuwangi. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang lumayan ekstrim dan tidak memiliki sumber mata air. Jadi, pastikan kamu membawa persediaan air yang cukup bila ingin mendaki ke gunung Raung dan pastikan kondisi fisik dan mentalmu sangat baik.

9. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro  yang memiliki ketinggian sekitar 3.88 mdpl ini terletak di kawasan Probolinggo. Meski gunung ini dikenal angker, tapi keindahan pemandangan dari puncak gunung ini begitu epic nan menawan. Di sini, kamu juga bsisa menjumpai danau Taman Hidup, area memancing, hutan lumut, hutan hujan tropis yang eksotis, padang sabana Cikasur, dan keindahan lainnya.

10. Gunung Lawu

Gunung Lawu yang memiliki ketinggian sekitar 3.265 mdpl terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk sampai puncak, ada dua jalur yang bisa kamu pilih yaitu jalur Cemoro Sewu Sarangan Jawa Timur dan Cemoro Kandang Tawangmangu Jawa Tengah.

Nah, itulah 10 gunung di Jawa Timur yang rekomended untuk dikunjung. Dari 10 gunung tersebut, mana nih yang udah pernah kamu sambangi? Yuk share pengalaman mendakimu di kolom komentar. Yang penting kalau jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa kulineran di Wedang Kopi Prambanan. Selamat liburan. Selamat mendaki. Tetap jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar ya teman-teman.

 

 

 

 

 

(foto featured dari @meikasantoso)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat
%d bloggers like this: