Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Para Cewek Saat Akan Mendaki Gunung

Wedang Kopi Prambanan – Mendaki jadi salah satu aktivitas yang beberapa tahun belakangan ini kian menjamur. Meski akitivitas mendaki cenderung menantang, namun bukan berarti aktivitas ini hanya diperuntukan untuk kaum pria, karena nyatanya kaum perempuan pun berani melakukannya. Hal tersebut bisa kita lihat dari maraknya foto-foto pendaki perempuan di sosial media seperti instagram.

Girls, perlu diingat ya… mendaki bukan hanya sekedar trend, jadi jangan sampai lupa akan keamanan dan keselamatan. Nah, untuk keselamatan dan keamanan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, girls. Simak ya.

Mengakrabi gunung yang akan kamu daki

Biasanya yang sering para cewek lupakan saat akan mendaki yaitu tidak mengenali dan tidak mempelajari dulu gunung seperti apa yang akan didaki. Mengakrabi gunung yang akan didaki itu penting karena tiap gunung mempunyai karakteristik yang berbeda, oleh karena kita harus bisa mengakrabi atau mempelari betul gunung seperti akan didaki.

Siapkan mental dan fisikmu, girls

Girls, jangan sekali-kali menganggap sepele sebuah gunung. Meskipun tipe gunung yang akan kamu daki cenderung pendek, kamu tetap memerlukan fisik dan mental yang tangguh. Ada baiknya beberapa hari sebelum mendaki, kamu lakukan latihan fisik secara rutin, misalnya naik turun tangga dengan menaruh beban berat di pundak. Hal tersebut bermanfaat untuk melatihan pernafasan dan otot kaki. Jangan terlalu dipaksakan, pelan-pelan saja asal konsisten.

Pilihlah tas gunung yang tepat

Mendaki berbeda dengan aktivitas jalan-jalan. Jadi, pastikan kamu menggunakan tas yang tepat yang memang dikhususkan untuk mendaki, tas carrier misalnya. Saat mendaki, beban yang kamu tanggung bertambah dua kali lipat, maka pilihlah tas carrier khusus perempuan yang sekiranya nyaman kamu gunakan dan jangan sampai terlalu besar apalagi terlalu berat melebihi berat badanmu. Ingat, jangan sampai menggunakan tas carrier yang melebihi batas kemampuanmu ya, girls. Begitu juga dengan sepatu yang kamu gunakan, gunakanlah juga sepatu gunung yang nyaman di kakimu dan safety.

Bawalah barang-barang secukupnya yang sesuai dengan kebutuhan mendaki

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, beban saat mendaki bertambah dua kali lipat, maka bawalah barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan mendaki dan jangan terlalu berlebihan. Misalnya, pakaian. Bawalah pakaian secukupnya, jangan sampai pakaian satu lemari dibawa, yang terpenting jangan lupa untuk membawa baju hangat. Untuk kamu yang suka makeup, pastikan juga jangan terlalu banyak membawa alat makeup. Karena gunung itu bukan mall atau bioskop, jadi dandan bukanlah hal utama di sini. Sementara untuk makanan, bawalah juga secukupnya yang sekiranya bisa untuk mengganjal perut selama kamu di gunung. Jangan lupa juga untuk membawa membawa tenda, tikar,  sleeping bag, kompor portable, peralatan makan dan kotak p3k.

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat mendaki gunung, girls. Oke deh, semoga aktivitas mendakimu lancar dan menyenangkan. Tetaplah utamakan keamanan dan keselamatan ya, gilrs. Btw, ngopi dulu yuk di Wedang Kopi Prambanan.  

 

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: