9 Gunung Rekomended Di Jawa Tengah Yang Harus Masuk Daftar Pendakianmu!

Wedang Kopi Prambanan – Mendaki gunung beberapa tahun belakangan ini jadi aktivitas yang digemari banyak orang, bukan hanya mereka yang pecinta alam. Di Indonesia, terutama di Jawa Tengah, ada banyak gunung kece yang bisa kamu daki. Nah, buat kamu yang ingin menghabiskan libur akhir tahun di gunung, berikut ini 9 gunung di Jawa Tengah yang bisa kamu daki. Simak nih.

1. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di kawasan Boyolali, Magelang dan Salatiga dengan ketinggian 3.145 mdpl. Letaknya yang bersebelahan dengan Gunung Merapi membuat kedua gunung ini kerap disebut sebagai gunung kembar. View yang ditawarkan di sini benar-benar elegan, terlebih padang sabananya yang terhampar luas bak karpet hijau.

2. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing yang memiliki ketinggian sekitar 3.371 mdpl dan menjadi salah gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Gunung ini terletak berbesebalah dengan gunung Sindoro.

3. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro yang memiliki ketinggian sekitar 3.150 mdpl ini terletak di kawasan Temanggung, Jawa Tengah. Untuk sampai puncak memakan waktu tempuh sekitar 5-6 jam. Gunung Sindoro memiliki pesona yang indah nan menakjubkan. Tak heran bila gunung ini jadi salah satu gunung favorit para pendaki.

4. Gunung Ungaran

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.050 mdpl ini terletak di kawasan Semarang dan menjadi salah satu gunung yang paling sering diburu oleh para pendaki daerah maupun luar daerah. Gunung ini menjadi habitat flora dan fauna.

5. Gunung Prau

Salah satu gunung paling eksotis di Jawa Tengah yaitu Gunung Prau yang terletak dikawasan Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian kurang dari 3.000 mdpl dan menjadi salah satu gunung yang rekomended untuk para pendaki pemula. Gunung ini juga memiliki bebukitan hijau yang dikenal dengan nama bukit Teletubies.

6. Gunung Andong

Gunung gunung terletak di kawasan Magelang dengan ketinggian kurang lebih 1.463 mdpl. Gunung ini juga menjadi salah satu gunung di Jawa Tengah yang rekomended untuk para pendaki pemula. View yang ditawarkan di sini tak kalah indah dengan gunung-gunung lainnya.

7. Gunung Lawu

Gunung Lawu terletak diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya dikawasan Karangnyar dengan ketinggian kurang lebih 3.642 mdpl. Gunung yang satu ini terkenal dengan kemistisannya. Meski demikian, gunung ini juga memiliki keeksotisan yang mampu membuat para pendaki berdecak kagum.

8. Gunung Merapi

Gunung Merapi yang memiliki ketinggian sekitar 2.930 mdpl ini merupakan salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung ini terletak di kawasan Yogyakarta, Boyolali, Magelang dan Klaten. Meski menjadi salah satu gunung berapi aktif di Indonesia, gunung ini tetap mampu menyihir para pendaki untuk menyambangi gunung ini.

9. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran atau yang juga dikenal dengan gunung Api Purba ini terleteka di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Dengan ketinggian yang hanya 700 mdpl, membuat gunung yang satu ini sangat rekomended untuk para pendaki pemula, bahkan buat kamu yang belum pernah mendaki sama sekali.

Nah, itu 9 gunung di jawa tengah yang rekomended untuk kamu daki. Puas mendaki gunung, jangan lupa mampir ke Wedang Kopi Prambanan, khususnya buat kamu yang berada di kawasan Yogyakarta dan Klaten. Wedang Kopi Prambanan terletak di jln. Prambanan – Manisrenggo No.16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.  Jaraknya hanya 5 menit dari kawasan Candi Prambanan, 50 menit dari pusat kota Jogja dan 23 menit dari pusat Klaten. Yuk mampir kesini yuk.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: