6 Fakta Unik Bulan Ramadhan yang Sering Kita Jumpai di Indonesia

Wedang Kopi Prambanan Salah satu kewajiban ibadah umat muslim adalah puasa ramadhan. Beberapa tantangan ibadah puasa sudah akrab dijalani bagi setiap umat muslim yang menjalankan, seperti menahan lapar dan dahaga, juga menahan kesabaran. Nah, di bawah ini adalah beberapa fakta unik khususnya di Indonesia yang kerap kamu temui saat ramadhan tiba. Yuk simak

1. Promo gencar-gencaran atau diskon besar-besaran

Menjelang hari besar atau saat ramdahan yang melakukan promo gencar-gencaran, promo-promo tersebut bisa kita temui di mall-mall, supermarket, toko-toko online. Promo yang populer yaitu dengan memberlakukan sistem banting harga atau diskon besar-besaran. Nah, Manfaatkan momen ini untuk belanja sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, bagi kamu para shopping holic tentu ini menjadi moment yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Selemat berbelanja.

2. Saat ramadhan tiba, masjid tiba-tiba menjadi ramai terutama di minggu pertama

Survei menyebutkan, diberbagai daerah, masjid-masjid menjadi ramai saat ramadhan datang, terutama diminggu pertama bulan ramadhan. Namun sangat disayangkan, sebab aktivitas tersebut lambat laun kian berkurang menjelang lebaran, hal tersebut disebabkan banyak yang memilih untuk memenuhi kebutuhan pribadi seperti belanja di toko-toko atau di mall-mall yang tengah heboh diskon besar-besaran ketimbang memperbanyak menghabiskan waktu di masjid yang penuh keberkahan.

3. Stasiun televisi berlomba-lomba menayangkan program religi

Sudah menajdi rahasia umum, tayangan proglam religi  “bulan ramadhan”  dari berbagai stasiun televisi seolah juga menjadi ajang perlombaan, dengan menayangkan sinetron yang kental berbau nuansa islamai, ceramah agama atau kultum menjelang sahur maupun berbuka, dan berbagai acara variety show lainnya. Bahkan tv lokal pun seakan tak mau kalah dengan acara-acara yang dihadirkan tv bersekala nasional.

4. Launching lagu-lagu religi

Bukan hanya berlomba-lomba menayangkan sinetron-sinetron religi saat ramadahan tiba, pada bulan ramadhan ini, banyak juga band-band yang sebelumnya fokus pada lagu-lagu yang bertemakan cinta, sahabat, dan kehidupan, tiba-tiba ikut-ikutan memeriahkan bulan ramadhan dengan melaunchingkan lagu-lagu yang bernuansakan islami atau religius. Tak jarang pula lagu-lagu religi tersebut menjadi soundtrack untuk sinetron-sinetron yang juga bertema religi.

5. Badan jalan disejumlah kota di tutup sementara setiap menjelang buka puasa

Mencari takjil adalah satu aktivitas ngabuburit atau jalan-jalan sebelum berbuka puasa. Nah, di bulan puasa ini, sejumlah kota memberikan keleluasaan bagi warganya yang ingin berjualan beraneka macam takjil di berbagai badan jalan. Untuk kelancaran dan kenyamanan para pejalan kaki yang tengah asik ngabuburit dengan berburu takjil, maka jalanan kerap ditutup sementara bagi para pengendara roda empat maupun roda dua. Sehingga selama berjalannya aktivitas tersebut, pengendara roda empat maupun roda dua tersebut dilarang keras melewati jalan tersebut. Jalanan akan kembali dibuka setelah aktifitas berbuka selesai.

6. Membludaknya penjual kembang api diberbagai jalanan

Banyak orang yang berpendapat membeli kembang api sama artinya seperti membakar uang sendiri. Namun meski demikian, pendapat-pendapat yang hanya gencar di dengungkan oleh sebagaian orang tua terhadap anaknya ini tetap tidak berhasil menghalangi para penjaja kembang api untuk tetap berjualan, terlebih saat dibulan ramadhan. Di berbagai kota, tepatnya dijalan utama, lapak jualan mereka berjejer rapi menjajakan keanekaragaman kembang apinya.

Begitulah ramadhan, bulan yang penuh keberkahan juga kebaikan. Semoga informasi mengenai beberapa fakta unik bulan ramadhan ini bisa menjadi salah satu hiburan asik bagi kamu yang tengah menunggu berkumandangnya bedug magrib. Nah, buat kamu yang di Jogja atau sekitanya dan masih bingung cari tempat untuk berbuka puasa atau tempat untuk bukber (buka bersama), Wedang Kopi Pramabanan bisa jadi pilihan tepat. Btw, selamat  menyambut bulan puasa. Semoga berkah puasanya.

 

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: