Mau Berlibur ke Jogja? Jangan Lupa Unduh Jogja Smart Service Dulu Yess!

Wedang Kopi Prambanan – Jogja selalu menarik untuk dikunjungi. Saat musim liburan tiba, banyak wisatawan yang berlomba-lomba memadati kota gudeg ini. Bagaimana tidak, Jogja memang menawarkan beragam wisata yang begitu aduhai dan sungguh memanjakan mata.

Berkaca dari hal demikian, agar para wisatawan yang berkunjung ke Jogja makin nyaman dianjurkan untuk mengunduh aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Aplikasi ini mempermudah penyampaian keluhan atas layanan wisata setempat. Terlebih lagi ini sudah mendekati libur panjang akhir tahun yang tentunya tidak terlepas dari potensi munculnya keluhan dari wisatawan.

“Makanya, wisatawan dianjurkan ‘download’ aplikasi JSS (Jogja Smart Service). Jika ada keluhan, bisa disampaikan dengan cepat dan pemerintah pun bisa menanggapi dengan cepat,” tutur Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Menurut dia, laporan atau keluhan yang disampaikan melalui aplikasi JSS tersebut akan dihubungkan secara langsung dengan organisasi perangkat daerah yang berwenang menangani keluhan wisatawan.

Dia kembali menambahkan kalau mengeluh melalui akun media sosial, terkadang penanganannya lama. Makanya, kamu menganjurkan agar wisatawan mendownload JSS.

Pemerintah Jogja Terus Berusaha Memberikan Kenyamanan Pada Para Wisatawan

Perlu kamu ketahui, aplikasi JSS sekarang ini baru bisa diunduh melalui telepon selular dengan sistem operasi berbasis Android. Dengan begitu, wisatawan bisa lebih mudah untuk mengaksesnya.

Selain menyampaikan laporan melalui JSS, di sejumlah titik keramaian wisata juga akan dipasang nomor telepon yang bisa dihubungi oleh wisatawan saat akan menyampaikan laporan atau keluhan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jogj akan berusaha semaksimal mungkin menekan keluhan layanan wisata yang disampaikan oleh wisatawan saat libur panjang akhir tahun.

“Harapannya, pada libur panjang akhir tahun ini tidak ada ‘complaint’ yang masuk. Kami akan menindak tegas pelaku wisata yang menaikkan harga secara sembarangan ‘nuthuk’, baik itu PKL atau parkir. Oknumnya langsung masuk daftar hitam dan tidak akan diizinkan berusaha di Yogyakarta,” tutur Heroe.

Pemerintah Kota Jogja, akan menyosialisasikan kebijakan tersebut dan merencanakan apel menyambut libur panjang akhir tahun untuk memastikan kesiapan menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yetty Martanti mengatakan, jumlah kunjungan wisata pada Desember adalah yang tertinggi dibanding 11 bulan lainnya.

Dia juga mengatakan bahwa kunjungan wisata di Jogja saat ini juga sudah mulai ramai. Kebanyakan untuk tujuan MICE (meeting, incentive, convention, exibition). Okupansi hotel bintang empat dan lima pun penuh.

Memasuki pekan ketiga Desember akan disambung dengan libur Natal dan Tahun Baru 2020 yang juga bertepatan dengan libur sekolah. Sehingga, jumlah kunjungan wisata pada Desember tahun ini diperkirakan meningkat 70 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Harapannya, seluruh pelaku wisata bisa menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan sehingga wisatawan pun nyaman. Kami pun menyiapkan pusat informasi kepada wisatawan. Harapannya, keluhan bisa diminimalisasi.

Selamat liburan. Tetaplah jaga kebersihan, keindahan dan kelestarian sekitar. Kalau cari tempat makan yang nyaman dengan nuanasa klasik dan harga menu yang terjangkau, bisa langsung meluncur ke Wedang Kopi Prambanan.

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: