Beberapa Hal Yang Harus Kamu Hindari Saat Traveling!

Wedang Kopi Prambanan – Hampir setiap orang pasti suka traveling, meski masing-masing dari mereka memiliki cara berbeda-beda saat traveling. Umumnya, wisatawan memilih tempat liburan yang mempunyai banyak keistimewaan dan keindahan, baik itu dari alamnya, sejarahnya maupun dari kulinernya.

Buat kamu yang ingin traveling, boleh saja tidak ada yang melarang, asal tetap mematuhi peraturan dan tetaplah jadi wisatawan yang bijak. Nah, jadi buat kamu yang traveling, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Apa saja kira-kira? Yuk simak ulasannya.

Merusak fasilitas umum

Sebagai travelers yang bijak, jangan sampai kamu merusak fasilitas sekitar yang sudah dibangun dengan susah payah oleh pengelola setempat. Liburan memang untuk bersenang-senang, tapi jangan terlalu berlebihan dengan merusak fasilitas umum. Jadilah travelers yang bijak dengan tetap menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian sekitar.

Jangan mencela kuliner tradisional

Traveling kurang lengkap rasanya kalau nggak kulineran. Setiap daerah di negara manapapun, tentunya masing-masing memiliki kuliner khas yang membuat siapapun tergerak ingin segera mencicipi. Akan tetapi, kadang rasanya tak sesuai ekspektasi atau tak cocok di lidah kita. Meski demikian, usahakan jangan sekali-kali kamu mencelanya. Kamu cukup simpan sendiri saja dalam hati.

Mengejek tempat wisata yang kamu dikunjungi

Liburan kadang memang tidak melulu menyenangkan. Kadang ada capeknya dan sedihnya juga, bahkan kadang juga tertimpa hal memalukan di tempat wisata. Namun, apa pun yang terjadi di tempat wisata yang kamu kunjungi, jangan pernah sekali-kali kamu mengejek tempat yang kamu kunjungi. Jangan sampai mengucapkan kata-kata buruk yang malah nantinya jadi boomerang negatif buat dirimu sendiri.

Memberi uang ke pengemis

Memberi uang ke pengemis sebenarnya memang perbuatan mulia, karena hal tersebut pasti kamu lakukan semata-mata karena ingin menolong mereka yang kekukarangan. Namun yang perlu kamu sadari dan perhatikan, ketika kamu melakukannya, itu artinya kamu sedang mendukung aksi “meminta-minta” di kawasan tersebut.┬áPadahal pemerintah tengah berjuang untuk mengurangi keberadaan pengemis yang kian membludak, selain karena menganggu kenyamanan, karena juga banyaknya kasus eksploitasi orang yang disuruh jadi pengemis.

Keterlaluan saat tawar menawar

Tawar menawar saat jual beli seolah jadi suatu keharusan. Tapi kamu perlu ingat, jangan terlalu berlebihan saat menawar barang yang akan kamu beli. Terlebih lagi kalau pendapatan ekonomi di kawasan tersebut lebih rendah dari tempat kamu berasal. Boleh nawar, tapi jangan terlalu berlebihan ya.

Mabuk berat

Travelers yang bijak tentu pintar dalam membawa diri dan tidak akan mengganggu privasi atau kenyamanan orang lain. Jadi, pastikan kalau kamu sedang liburan jangan sampai mabuk apalagi mabuk berat dan sampai meropotkan banyak orang. Mabuk berat bukan hanya merepotkan orang, tapi juga membuat pribadi kita dan kota asal kita jadi tercemar.  So, pintar-pintarlah dalam membawa diri.

Nah, itulah beberpa hal yang harus kamu hindari saat traveling. Jadilah travelers yang bijak dengan tetap menaati peraturan yang ada. Tetap menjaga keindahan, kebersihan dan kelestarian sekitar. Oke deh, buat kamu yang lagi hunting tempat makan yang asik dan cozy di kawasan Jogja atau Klaten, langsung aja meluncur ke Wedang Kopi Prambanan ya.

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: