5 Wisata Embung Di Jogja Ini Benar-benar Eksotis. Yuk Kesini!

Wedang Kopi Prambanan – Wisata Embung di Jogja jadi satu destinasi menarik untuk dikunjungi wisatawan. Selain menawarkan pesona embung, para wisatawan juga akan dimanjakan oleh pemandangan sekitar yang eksotis nan menawan. Bila kamu ke Jogja, pastikan 5 embung di bawah ini masuk dalam daftar liburanmu. Apa saja nama embungnya dan di mana saja lokasinya? Simak baik-baik ya ulsannya.

1. Embung Banjaroya Kalibawang

Embung Banjaroya Kalibawang terletak di Jalan Kalibawang-Sendang Sono, Dsa. Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Kalau ke Kulon Progo, jangan sampai lewatkan objek wsiata satu ini ya. Selain karena tiket masuknya gratis, pemandangan di sini juga indah sekali. Jika ke Kulon Progo, pastikan mampir ke Embung kece satu ini. Berkunjung kesini, kamu cukup membayar baiya parkir Rp5.000/mobil  dan Rp2.000/motor.

2. Embung Kleco

Embung Kleco berada satu kabupaten dengan Embung Banjaroya Kalibawang, tepatnya di Desa Giripurwo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu tempuh 57 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 30 kilometer dari pusat kota Jogja. Embung Kleco juga embung yang rekomended untuk kamu sambangi saat berkunjung ke Jogja, khususnya Kulon Progo. Untuk tiket masuk gratis, sedangkan biaya parkir  Rp5.000/mobil dan Rp2.000/motor.

3. Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten terletak di Ds. Pilangrejo, Kec.Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam atau memakan jarak tempuh sekitar 46,2 kilometer dari pusat kota Jogja. Embung ini merupakan embung tertinggi di Jogja dengan panorama alam yang sungguh memukau. Kawasan ini juga kerap dimanfaatkan untuk spot camping. Tiket masuk menuju kawasan ini Rp3.000/orang, biaya parkir Rp10.000/mobil dan Rp2.000/motor.

4. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran terletak di kawasan wisata gunung api purba Nglanggeran, tepatnya di Ds. Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Waktu yang kamu tempuh dari pusat kota Jogja untuk sampai lokasi sekitar 1 jam perjalanan. Embung Nglangeran salah satu spot terbaik di Jogja untuk menikmati matahari sore. Jika suasana siang cukup terik, wisatawan bisa menikmati pemandangan embung sembari berteduh di pendopo yang tersedia di bagia atas Embung. Tiket masuk Rp2.000/orang

5. Embung Gunung Panggung

Embung Gunung Panggung yang juga dikenal dengan nama Embung Tambakromo ini berada di kawasan perbukitan, tepatnya di Dsn. Klepu, Ds. Tambakromo, Kec. Ponjong, Kab. Gunungkidul Daerah, Yogyakarta. Berada di sini, kamu akan dimanjakan oleh pesona alam sekitar, Waduk Gajah Mungkur dan kota Wonogiri. Selain itu, di kawasan juga terdapat sejumlah spot dengan pemandangan ciamik yang patut untuk kamu dokumentasikan. Akses menuju lokasi cukup mudah untuk dijangkau, setidaknya dari area parkir kamu perlu berjalan kaki sekitar 200 m untuk bisa sampai puncak bukit.

Itulah 5 wisata embung di Jogja dengan view eskotis yang harus masuk dalam daftar liburanmu. Sebagai wsiatawan yang bijak, pastikan kamu untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Pulang menikmati pemandangan embung, mampir ngopi dulu yuk di Wedang Kopi Prambanan. 🙂

 

 

(foto featured dari @jsoewarno)

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: