4 Peraturan Pendakian Di Tahun 2018 Yang Wajib Para Pendaki Patuhi!

Wedang Kopi Prambanan – Mendaki adalah aktifitas yang beberapa tahun belakangan ini banyak digemari orang. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya foto-foto dengan tema pendakian diunggah ke sosial media, khususnya instagram.

Buat para pendaki, tentu kalian sudah memiliki jadwal mendaki tahun di tahun 2018 ini berasama teman-teman. Namun, sebelum kamu mendaki di tahun 2018 ini, ada sejumlah peraturan baru yang sepatutnya dipatuhi buat para pendaki atau pecinta alam. Nah, berikut ini sejumal peraturan yang wajib pendaki patuhi sebelum mendaki gunung. Yuk simak!

1. Mau ke Gunung Semeru? Jangan lupa daftar online dulu!

Buat kamu yang mau mendaki ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger atau gunung Semeru, ada peraturan di tahun 2018 ini yang patut dipatuhi semua pendaki. Setiap pendaki yang mau mendaki ke kawasan gunung tersebut diwajibkan sebelum berkunjung untuk daftar online dulu.

Untuk daftar online-nya, kamu bisa buka link website berikut ini https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org  . Hal tersebut dimaksudkan supaya pengelola setempat bisa mengontrol atau memantau siapa saja yang tengah berkunjung ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger atau ke Gunung Semeru.

2. Bukan Cuma di Gunung Semeru, sebelum ke Gunung Gede Pangrango pun kamu harus daftar online dulu

Ya, Gunung Gede Pangrango sudah lebih dulu menetapkan peraturan seperti peraturan pendakian ke Gunung Semeru yaitu sebelum mendaki harus daftar online terlebih dulu. Sebelum melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango, kamu harus daftar online dengan cara membuka link berikut ini http://booking.gedepangrango.org/. Untuk daftar online, maksimal 2 hari sebelum kamu melakukan pendakian Gunung Gede Pangrango.

3. Ternyata Mendaki ke Gunung Rinjani diwajibkan daftar online, guys

Sama dengan pertaruran yang diterapkan di pendakian gunung Gede Pangrango dan Gunung Semeru, sebelum kamu mendaki ke kawasan Gunung Rinjani juga kamu wajib daftar online dulu. Perturan tersebut mulai diberlakukan mulai 1 April 2018 nanti. Untuk info selengkapnya, kamu bisa langsung kepoin website mereka di https://www.tnrinjani.net/home .

4. Kamu usia di bawah 17 tahun? Berarti kamu belum boleh mendaki ke Gunung Marapi

Bukan Cuma masuk daftar hitam kalau kamu melanggar peraturan di Gunung Merapi, kamu yang berusia di bawah 17 tahun juga dilarang untuk melaukan pendakian ke Gunung Merapi. Peraturan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama pendakian di Gunung Marapi. Sebelum mendaki, jangan lupa persiapakan segala perlengkapan pendakian ya.

Nah, itulah 4 peraturan pendakian di tahun 2018 sebelum melakukan pendakian. Demi keamanan dan keselamatan, yuk patuhi peraturan yang ada. Jadilah pendaki yang bijak. Selamat mendaki ya.

Buat kamu yang lagi di Yogyakarta atau Klaten, mampir yuk ke Wedang Kopi Prambanan. Di sini tersedia berbagai menu kopi dan wedang dan menu-menu menggugah selera lainnya. Tempatnya cozy dan ciamik banget. Rekomended buat yang mau nyantai, diskusi, gethring maupun foto prewedding. So, kamu butuh tempat ngopi asik di Yogyakarta? Wedang Kopi Prambanan aja. 🙂

WhatsApp chat
%d bloggers like this: