5 Cara Membantu Restoran-restoran Tetap Bertahan di Tengah Wabah Virus Corona

  1. Wedang Kopi Prambanan –¬†Wabah virus corona membuat berbagai bisnis lesu, tak terkecuali industri kuliner. Restoran-restoran yang biasanya ramai, kini makin sepi pengunjung. Apalagi, sudah ada imbauan untuk melakukan social distancing –mengurangi interaksi dengan orang lain, serta meminimalisasi kegiatan di luar rumah.

Imbasnya, terjadi penurunan penjualan secara signifikan di berbagai tempat makan dan coffee shop lokal. Bila terus menerus terjadi, tak menutup kemungkinan bahwa akan ada banyak bisnis kuliner yang bangkrut saat menghadapi pandemi.

Nah, kendati sedang melakukan social distancing, masih ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membantu restoran-restoran ini bertahan di tengah wabah virus corona, lho. Bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Pesan secara delivery

Meski tak bisa bersantap langsung di tempat, bukan berarti kita jadi tak dapat menikmati makanan dari restoran langganan. Masih ada fitur delivery dan takeaway yang memungkinkan untuk memesan makanan tanpa harus meninggalkan rumah.

Apalagi, saat ini sudah ada sistem pemesanan tanpa kontak atau contactless delivery yang diterapkan oleh beberapa pihak layanan pengantaran.

2. Belanja di toko lokal, secara online atau offline

Banyak restoran dan toko lokal yang terkena dampak dari wabah virus corona, terutama dengan adanya pengurangan jumlah pengunjung secara drastis. Mau tak mau, jam operasional pun jadi berkurang drastis, demi meminimalisasi kerugian. Apalagi, mereka masih harus menggaji para karyawan.

Untuk itu, sebisa mungkin, belilah makanan dari restoran lokal yang berada paling dekat denganmu. Sekecil apa pun bantuan kita, tentunya dapat membantu para pelaku bisnis kuliner lokal untuk tetap bertahan.

3. Pesan catering

Sebagai solusi untuk mempertahankan penjualan, beberapa restoran menyediakan paket catering yang bisa kita pesan untuk makan di rumah. Misalnya, Ali Kopi Roastery, mereka akan melayani catering-catering yang mencakup wilayah di sekitar cabangnya. Tentunya, layanan catering ini bisa membuatmu tetap bersantap dengan nikmat tanpa perlu ribet, khususnya bila sedang menjalani work from home.

4. Berikan tip lebih

Ketika memesan makanan –baik secara delivery atau take away– pertimbangkan untuk lebih dermawan. Berikan uang tip untuk pelayan dan petugas pengantaran, mengingat pendapatan mereka pasti cenderung menurun karena adanya wabah ini.

Uang tip mungkin tak akan berkontribusi langsung terhadap pendapatan restoran, namun ini bisa jadi sebuah bentuk dukungan bagi komunitas yang terdampak. Lagi pula, tak ada salahnya untuk berbagi kebaikan, kan?

5. Share informasi melalui media sosial

Selain melakukan pembelian, kita juga bisa memberikan bantuan dengan cara yang sangat mudah: membagikan informasi lewat media sosial.

Meski terdengar sepele, tapi dengan bantu share, like, dan repost informasi, kita bisa ikut berkontribusi untuk membantu para restoran bertahan di tengah wabah virus corona. Semakin banyak orang yang tahu dan tergerak untuk membantu, semakin besar pula peluang restoran untuk terus bertahan.

Kamu punya ide lain untuk turut membantu mengurangi dampak virus corona terhadap restoran-restoran lokal? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

WhatsApp chat
%d bloggers like this: