Tips Makan di Restoran dengan Aman di Tengah Wabah Corona Menurut Pakar Kesehatan

Wedang Kopi Prambanan – Virus corona telah menghambat segala aktivitas dan kegiatan masyarakat di seluruh dunia. Termasuk soal kebiasaan makan di restoran yang kini dikhawatirkan karena berkaitan tentang kemungkinan penularan virus corona

Bahkan dilaporkan bahwa banyak restoran yang menutup gerainya semenjak munculnya virus dengan nama lain Covid-19. Namun, tak sedikit juga yang tetap membuka gerainya demi mendapat penghasilan. Hal tersebut mungkin tidak salah.

Namun, ada beberapa hal penting tentang tips aman makan di restoran di tengah-tengah mewabahnya virus corona. Nah, berikut ini tips makan di restoran dengan aman di tengah wabah Corona yang disarankan oleh ahli dan pakar kesehatan.

1. Pilih Restoran yang Mengambil Tindakan Preventif

Restoran biasanya terikat oleh hukum untuk mengikuti standar operasional soal kebersihan. Apalagi di musim virus corona ini, restoran harus memperketat sistem kebersihan dan keamanan dengan mengambil tindakan preventif agar virus corona tidak menyerang siapapun yang ada di dalam restoran.

Namun, tak sedikit juga restoran yang belum memiliki kesadaran akan hal itu. Karenanya, jika kamu ingin bersantap di restoran, pilih lah restoran yang sudah mengambil tindakan preventif tersebut. Biasanya tindakan preventif dilakukan mulai dengan mengecek suhu badan para pelanggan sebelum masuk ke restoran.

Pengecekan suhu itu juga dilakukan kepada karyawan, sebagaimana orang yang akan melayani pengunjung. Mulai dari menyiapkan makanan, mengantar makanan, melakukan transaksi bayar dan masih banyak lagi. Selain itu, restoran bisa memperlonggar jarak antar meja dan juga menyediakan hand santizer.

2. Bawa Alat Pengaman Sendiri

Bagaimana pun untuk memastikan tubuh sehat dan aman, harus dilakukan oleh diri sendiri. Hal tersebut bisa diterapkan ketika berniat untuk makan bersama di restoran. Sebelum datang ke restoran sebaiknya menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melindungi tubuh agar tidak tertular virus corona.

Ahli kesehatan bernama Dr. Robert Amler menyarankan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu, ia juga menganjurkan untuk mengelap meja terlebih dahulu sebelum menempatinya menggunakan tisu yang sudah diberi sanitizer. Meskipun pihak restoran biasanya sudah menyiapkan hand sanitizer, tetapi membawa sendiri hand sanitizer akan lebih baik untuk menjaga diri agar tetap aman.

Lebih lanjut, Dr. Robert Amler juga menganjurkan untuk membawa sendiri peralatan makan seperti sendok, garpu dan sumpit. Selain itu saat mengambil saus, sambal atau lainnya usahan balut tangan dengan tisu untuk melindungi virus dapat menempel ke tangan. Pasalnya, tempat kecap, sambal atau saus itu pasti banyak disentuh oleh pengunjung lain.

3. Hindari Restoran saat Jam Sibuk

Pemerintah telah memerintahkan untuk menghindari tempat yang ramai guna meminimalisir penularan virus corona. Karenanya jika kamu ingin makan di restoran, perhatikan jika waktu kunjungi. Hindarilah mengunjungi restoran pada jam-jam sibuk, misalnya seperti jam makan siang atau hari weekend.

Hal tersebut juga disarankan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat. Menurutnya berjarak dengan orang lain paling tidak 2 meter adalah cara yang aman untuk melindungi tubuh dari penularan virus corona. Karenanya dianjurkan pula untuk tidak mengunjungi restoran di jam sibuk.

Mungkin kamu bisa mengunjungi restoran di jam-jam sebelum atau selesai jam makan siang. Biasanya di waktu tersebut restoran masih dalam keadaan sepi, karena belum banyak orang yang berdatangan. Namun, semenjak virus corona ini banyak restoran yang diminta untuk mengurangi kapasitas pengunjung.

4. Hindari Restoran AYCE

Lupakan sejenak tentang restoran buffet, all you can eat atau restoran berkonsep prasmanan lainnya. Meskipun dapat memberikan sensasi bersantap yang berbeda, tetapi di tengah mewabahnya virus corona ini restoran berkonsep prasmanan bisa menjadi penyebab seseorang tertular virus corona.

Dr. Barbara Ferrer, kepala Departemen Kesehatan Masyarakat di Los Angeles mengatakan bahwa restoran tersebut sangat berisiko untuk mempermudah penyebaran virus corona dari orang satu ke orang lainnya. Menurutnya peralatan penyajian di restoran yang berkonsep prasmananan di mana pengunjung dapat melayani diri sendiri akan dipakai oleh banyak orang.

Sementara virus corona dapat bertahan hidup di permukaan itu selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Meskipun hal itu dapat ditangani dengan menggunakan hand sanitizer, tetapi akan lebih baik untuk sementara untuk tidak berkunjungi ke restoran tersebut.

5. Jangan Berbagi Makanan

Berbagi makanan mungkin dapat mempererat kebersamaan. Namun, kamu perlu waspada, bahwa hal tersebut bisa jadi penyebab virus corona menular dari satu orang ke banyak orang yang tergabung dalam kelompok makan bersama tersebut. Menurut ahli kesehatan, Sapkota, memilih untuk tidak berbagi makanan di tengah virus corona adalah pilihan tepat.

Jadi, tidak hanya berbagi makanan saja, tetapi juga dianjurkan untuk tidak berbagi peralatan makan dengan orang lain. Ahli kesehatan lainnya, Dr. Robert Amler juga menyarankan untuk tidak makan dari piring saji secara langsung. Melainkan dengan mengambil wadah lain, untuk untuk menaruh makanan tersebut.

Lebih lanjut, juga dianjurkan untuk tidak mencelup makanan yang sudah masuk ke mulut ke dalam kuah atau bumbu kembali. Selain terlihat menjijikkan, kebiasan itu bisa jadi faktor utama pada penularan virus corona.

Semoga bermanfaat.

WhatsApp chat
%d bloggers like this: