4 Wisata Bebukitan Di Gunungkidul Yang Harus Masuk List Traveling Kamu Di Jogja!

Wedang Kopi Prambanan Gunungkidul dikenal sebagai surga wisata di kalangan wisatawan. Deretan wsiata pantai, wisata bebukitan dan wsiata air terjun bisa kamu jumpai di Gunungkidul. Gunungkidul sendiri merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta. Saat musim liburan, banyak wisatawan berlomba-lomba mengunjungi Gunungkidul. Nah, buat kamu yang suka akan nuanasa bebukitan, berikut rekomendasi 4 destinasi wisata bebukitan di Gunungkidul yang bisa kamu sambangi.

1. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang terletak tak jauh dari kawasan Pantai Parangtritis, meski demikian, objek wisata ini masuk ke kawasan Gunungkidul, tepatnya di Ds. Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 58 menit atau memakan waktu tempuh sekitar 29 kilometer dari pusat kota Jogja. Berada di Bukit Paralayang, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan hamparan laut Pantai Parangtritis yang luar biasa menawan. Bukit Paranglayang ini salah satu spot rekomended untuk menikmati sunset di Jogja. Tiket masuk Rp5.000/orang, biaya parkir Rp5.000/mobil dan Rp3.000/motor.

2. Batur Hill

Batur Hill merupakan resort di kawasan bebukitan, tepatnya di Dsn. Batur, Ds. Putat Kec. Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan jarak tempuh sekitar 40 km atau memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Jogja. Batur Hill bukan hanya sekedar resost dan resto, tapi juga menawarkan spot selfie keikinan, kolam renang dan pemandangan khas bebukitan yang sungguh instagramable. Tidak ada tiket masuk menuju kawasan ini, cukup membyar biya parkir Rp 5.000/mobil dan Rp2.000/motor. Tapi buat kamu yang ingin selfie dispot gardu pandang, kamu akan dikenakan biaya Rp10.000/orang, buat kamu yang ingin menginap dikenakan biaya Rp500.000/malam.

3. Gunung Ireng

Gunung Ireng terletak di Desa Pengkok, Kec. Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu tempuh sekitar 54 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 23 kilometer dari pusat kota Jogja. Gunung Ireng menawarkan pesona alam khas pegunungan dan spot selfie berupa rumah kayu. Waktu terbaik berada di sini yaitu pagi hari saat matahari mulai terbit diikuti kabut tipis yang menghiasi kawasan ini. Gunung Ireng salah satu destinasi rekomended di Gunung Kidul buat para pemburu sunrise di Jogja. Untuk tiket masuknya Rp3.000/orang.

4. Watu Payung

Watu Payung terletak di Dusun Turunan, Ds. Girisuko, Kecamatan Panggang, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 49 menit atau memakan jarak tempuh sekiar 64 kilometer dari pusat kota Jogja. Sama seperti sejumlah objek wisata di atas, Pule Payung juga menawarkan pemandangan khas bebukitan. Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan oleh pesona alam sekitar yang begitu menawan. Tiket masuk menuju Pule Payung sejauh ini masih gratis, kamu cukup bayar biaya pakrir Rp2.000/motor.

Itulah rekomendasi 4 destinasi wisata bebukitan di Gunungkidul yang harus kamu sambangi saat liburan ke Jogja. Puas liburan, jangan lupa manjakan perutmu di Wedang Kopi Prambanan. Selamat liburan. 🙂

 

(foto featured dari @kangnuriel)

WhatsApp chat
%d bloggers like this: