Tips Jelang Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19

Wedang Kopi Prambanan – Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Namun, karena wabah corona yang menjadi pandemi di seluruh dunia, akan banyak keterbatasan dalam melaksanakan ibadah di bulan suci tersebut.

Untuk menyambut bulan suci di tengah pandemi seperti sekarang ini, diperlukan persiapan yang baik. Nah, berikut ini  tips jelang puasa ramadhan di tengah pandemi covid-19 yang perlu kamu persiapkan.

Istirahat yang cukup

Bukan hanya di bulan suci, namun istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Imun tubuh yang kuat, tentu akan turut membantu mencegah masuknya virus corona. Untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum sahur, usahakan tidur lebih awal.

Ibadah di rumah

Ramadhan identik dengan rangkaian ibadah, demi mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Namun berbondong – bondong berjamaah di masjid bukan merupakan sesuatu yang bijak untuk saat ini. Menteri Agama Fachrul Razi pun sudah menerbitkan surat edaran agar masyarakat melakukan ibadah tarawih di rumah.

Perhatikan asupan makanan

Menjaga asupan makanan untuk tubuh juga sangat penting untuk diperhatikan. Sahur dengan makanan yang kaya akan nutrisi. Jangan lupa untuk mengikutsertakan sayur dan buah – buahan yang kaya akan vitamin. Dengan menjaga asupan tersebut, imun tubuh tidak mudah melemah.

Stok makanan secukupnya

Ngabuburit mencari makanan berbuka puasa, bukan hal yang baik untuk dilakukan dalam masa pandemi saat ini. Selalu stok bahan makanan, agar mengurangi kebutuhan diri untuk keluar rumah. Tentu dalam menyetok makanan harus dengan bijaksana. Jangan menimbun berlebih, selalu ingat orang lain yang juga membutuhkannya.

Hindari aktivitas di luar rumah

Selain tidak beribadah di luar rumah, hindari aktivitas yang tidak perlu di luar rumah. Baik itu acara kumpul buka puasa bersama, hingga bertemu dengan kawan, adalah hal buruk untuk dilakukan. Walau demikian, teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengadakan virtual buka puasa bersama melalui video call

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: