4 Langkah yang Harus Dilakukan saat Bepergian di Tengah Pandemi Covid-19

pandemi covid-19

Wedang Kopi Prambanan – Pandemi masih belum reda di Indonesia. Akibatnya, sejumlah daerah pun menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebarannya.

Tidak hanya itu, individu juga dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah demi memutus penyebaran virus yang diduga berasal dari China tersebut.

Namun, terkadang kita perlu untuk bepergian karena harus melakukan pekerjaan penting, dan menggunakan transportasi umum. Anda perlu melakukan sejumlah langkah yang dapat kamu lakukan guna terhindar dari Covid-19 dan dapat melakukan perjalanan.

1. Tiket

Untuk dapat melakukan perjalanan dengan transportasi umum seperti pesawat atau kereta api, kamu harus memiliki tiket. Sebisa mungkin untuk membeli tiket secara daring guna meminimalkan berinteraksi dengan orang lain.

2. Pakaian Cukup, obat-obatan, dan makanan-minuman

Pastikan kamu membawa pakaian cukup sesuai dengan lama kamu bertugas. Jika kamu kehabisan pakaian, dan harus keluar untuk membelinya, maka kamu akan berpotensi terkena dengan Covid-19 ketika berinteraksi dengan orang lain.

Tidak hanya itu, sejumlah daerah menutup tempat untuk berbelanja baju dalam rangka pembatasan sosial berskala besar. Begitu juga dengan obat-obatan, makanan, dan minuman. Dengan mempersiapkan dari rumah berarti kamu meminimalkan berinteraksi dengan orang lain, dan membuat potensi terkena Covid-19 semakin kecil.

3. Uang Tunai

Meskipun saat ini semua dapat dilakukan melalui dalam jaringan, tetap saja akan ada beberapa saat kita memerlukan uang tunai. Jangan sampai kita harus bolak-balik ke anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mengambil uang tunai.

ATM merupakan salah satu tempat yang cukup berpotensi membuat kita terkena Covid-19. Ketika kita memang terpaksa untuk pergi ke ATM, maka jangan lupa untuk selalu membawa dan menggunakan hand sanitizer.

4. Surat Izin Keluar & Masuk (SIKM)

Saat ini, maskapai dan perusahaan kereta api, mengharuskan kamu melampirkan SIKM jika ingin melakukan perjalanan dengan tujuan dari dan menuju Jakarta. kamu tidak akan diizinkan menggunakan transportasi umum tersebut jika tidak bisa melampirkan SIKM tersebut.

Nah, itulah beberapa langkah saat bepergian di tengah pandemi covid-19 yang patut kamu aplikasikan untuk membantu memutus penyebaran covid-19. Semoga bermanfaat.