Pingin Traveling tapi Lagi Musim Hujan? Tenang, Ini Lho Tips Traveling Saat Musim Hujan

Wedang Kopi PrambananIndonesia sudah mulai memasuki musim hujan. Tak heran bila cuaca sering labil, siang hari cerah, sorenya tiba-tiba turun hujan. Hal ini juga yang membuat sejumlah orang yang akan bepergian atau traveling jadi was-was, takut kalau-kalau hujan turun dan menghambat aktivitas traveling.

Di Indonesia sendiri, musim hujan biasanya akan berlangsung sampai Februari mendatang. Nah, buat kamu yang ingin berlibur atau traveling, ada baiknya perhatikan beberapa tips traveling saat musim hujan berikut ini.

1. Update info cuaca

Buat kamu yang mau liburan atau traveling atau bepertgin saat musim hujan, ada baiknya kamu selalu update info cuaca setidaknya H-1 sebelum melakukan perjalanan. Selain untuk antisipasi bisa melakukan persiapan yang tepat, kamu juga bisa merencanakan destinasi obyek wisata yang tepat pula. Untuk update info cuaca, kamu bisa website resmi BMKG ataupun aplikasi perkiraan cuaca.

2. Selalu siapkan jas hujan dan payung

Memasuki musim hujan, alangkahnya baiknya kalau saat keluar rumah selalu sediakan payung atau jas hujan sebagai upaya jaga-jaga kalau-kalau ditengah perjalanan hujan turun, terutama buat kamu yang berpergian dengan berjalan atau naik motor.

3. Memakai pakaian yang tepat

Saat musim hujan, jangan lupa perhatikan juga pakaian yang kamu kenakan. Pakailah pakaian hangat seperti; jaket atau sweater, karena suhu dimusim hujan cenderung dingin. Jangan lupa persiapkan juga pakaian ganti untuk jaga-jaga kalau-kalau pakaian kamu basah karena terkena air hujan.  Selain itu, upayakan untuk selalu membawa sandal jepit karena pemakaian sandal sangat disarankan di musim hujan. Satu lagi yang harus diperhatikan, selalu sediakan kantong plastik untuk menampung pakaian kamu yang basah.

4. Mencari destinasi indoor

Museum dan wahana bermain indoor,  bisa jadi alternatif destinasi jalan-jalanmu di musim hujan. Selain aktifitas waktu jalan-jalanmu aman dari serangan hujan, berkunjung ke museum juga bisa menambah pengetahuan dan wawasanmu. Selain itu, sejumlah museum di Jogja memiliki desain interior yang instagenic, jadi cukuplah untuk membius keinganan selfiemu. Begitu pula dengan wahana bermain indoor, tentu bisa jadi bius jenuh di musim hujan.

5. Wisata Kuliner

Berwisata kuliner di resto-resto juga bisa jadi altenatif yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur Anda. Buat kamu yang lagi di Jogja atau Klaten, salah satu warung kopi atau resto yang rekomended dikunjungi saat musim hujan yaitu Wedang Kopi Prambanan, lokasinya sekitar 2,5 kilo meter atau sekitar 8 menit dari obyek wisata Candi prambanan, tepatnya di jln. Prambanan – Manisrenggo No.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Klaten. Perjalanan yang kamu tempuh untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 50 menit dari kawasan Malioboro. Sementara dari pusat kota Klaten memakan waktu sekitar 23 menit.

Nah, itulah 5 tips traveling saat musim hujan yang harus kamu perhatikan. Dari 5 tips di atas, ada satu hal yang penting dan harus kamu perhatikan, yaitu menjaga kesehatan badan. Semoga tips-tips yang sudah disebutkan di atas bermanfaat. Btw, selamat liburan. Tetaplah jaga kebersihan dan keindahan sekitar. Jangan lupa bawa payung. 😉

WhatsApp chat
%d bloggers like this: