Pingin Mendaki tapi Lagi Musim Hujan? Simak Tips-tipsnya Berikut Ini!

Wedang Kopi Prambanan – Musim hujan sudah memasuki hampir seluruh daerah di Indonesia. Meski demikian, hal tersebut  tak memudarkan semangat para pendaki untuk menikmati pesona deretan gunung yang ada di Indonesia. Namun, karena musim hujan tentunya jalur pendakian pun jadi sedikit lebih berat. Oleh karena itu, alangkah baiknya perhatikan beberapa hal penting sebelum mendaki gunung yang dilansir dari detik.com. Nah, berikut ini 6 tips mendaki di musim hujan yang harus kamu perhatikan!

1. Bawa plastik kedap udara untuk menyimpan barang

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum mendaki gunung di musim hujan yaitu simpanlah barang bawaan dalam plastic kedap udara. Yup,  untuk antisipasi biar seluruh barang bawaan tidak basah karena terguyur hujan, alangkah baiknya semua barang bawaan disimpan dalam plastik. Pilihlah plastik yang kedap udara agar air tidak masuk membasahi barang. Pastikan juga menyimpan gadget dan pakaian dalam plastik dan usahakan jangan menggunakan plastik yang sama.

2. Menggunakan pakaian hangat

Ketika masuk musim hujan, biasanya angin berhembus cukup kencang. Agar terlindung dari masuk angin yang bisa membuat tubuh jadi tidak fit, sangat disarankan menggunakan pakaian hangat sebelum mendaki. Atau kamu bisa membawa jaket atau pakaian yang cepat kering

3. Bawa bekal makanan yang cukup

Saat musim hujan tiba, biasanya perut akan lebih sering merasa lapar. Oleh karena itu  disarankan untuk membawa makanan yang cukup saat melaukan pendakian. Pastikan kamu tidak kelaparan di tengah jalur pendakian apalagi dalam kondisi hujan.

4. Siapkan ponco

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan saat musim hujan yaitu menyiapkan ponco. Jika sudah ada tanda-tanda hujan akan turun, segeralah mengenakan jas hujan atau ponco. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi tubuh agar tidak terkena langsung air hujan. Agar tidak memberatkan barang bawaan dan agar lebih ringkas, kamu bisa membawa ponco plastik.

5. Menggunakan sepatu ringan dan cepat kering

Sepatu boots memang jadi alas kaki terbaik untuk dikenakan terlebih ketika musim hujan tiba. Namun, saat pendakian, para pendaki lebih disarankan mengenakan sepatu yang dapat cepat kering setelah terguyur air hujan.

6. Cek info cuaca

Saat musim hujan, mengecek info cuaca setiap waktu sangat dianjurkan terlebih buat kamu yang akan berpergian atau melakukan pendakian. Nah, saat ini smartphone sudah bisa melacak informasi prakiraan cuaca di suatu wilayan bahkan untuk beberapa hari ke depan. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin bepergian pastikan untuk update info cuaca terlebih dahulu untuk memastikan apakah cuaca aman untuk bepergian atau pendakian walupun sedang hujan.

Seperti yang kita tahu, musim hujan sudah memasuki sebagian besar wilayah Indonesia. Di gunung,  musim hujan akan jadi lebih berbahaya karena membawa angin kencang serta hujan lebat disertai kilat atau petir. Jadi, buat kamu yang akan melakukan pendakian dimusim hujan, harap berhati-hati dan jaga diri baik-baik ya para pendaki. Inget, tetap utamakan kesehatan dan keselamatan.

WhatsApp chat
%d bloggers like this: