Mengakrabi Situs-situs Sejarah Di 6 Wisata Sejarah Jogja Berikut Ini

Wedang Kopi Prambanan Saat mendengar kata Yogyakarta, apa yang tebersit di pikiranmu? Gudeg, kah? Bakpia, kah? Yangko, kah? Atau justru nasi kucing? Padahal selain kuliner, Jogja memiliki sejuta keindahan lainnya. Ya, seperti yang kita tahu, Kota yang dengan berbagai julukan ini juga kaya akan wisatanya, salah satunya yaitu wisata sejarah.

Nah, buat kamu yang masih bingung nyari destinasi wisata buat liburanmu, atau kamu ada rencana menyambangi Yogyakarta dekat-dekat ini atau kebetulan lagi di Jogja tapi masih bingung mau jalan-jalan kemana, coba sambangi saja wisata sejarah. Selain bisa nambah wawasan, spot-spotnya juga  kece dan instagramable. Yuk simak ulasannya.

1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg terletak di kawasan Malioboro, tepatnya Jl. Margo Mulyo, Ds. Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Jogja, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di pusat kota membuat wisata sejarah satu ini tak sulit untuk kamu temukan. Jadi, Benteng Vredeburg ini merupakan bangunan bekas peninggalan Belanda masa penjajahan dulu. Pada tahun 1992, Benteng Vredeburg  resmi menjadi sebuah museum hingga sekarang. Untuk lebih jelasnya dan seperti apa bentuk bangunannya, kamu bisa langsung berkunjung ke Benteng Vredeburg. Tiket masuk Rp3.000/orang.

2. Taman Sari

Taman Sari terletak di Komplek Wisata Taman Sari, Taman, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Taman Sari ini dulunya terdiri dari bebrapa bagian, yaitu sebagai danau buatan, tempat pemandian, tempat beristirahat kereta kuda, benteng pertahanan, dan lain-lain. Untuk info lengkapnya atau jika ingin menikmati langsung keeksotisannya, kamu bisa langsung mengunjungi kawasan Taman Sari.  Tiket masuk Rp5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp15.000 untuk wisatawan asing.

3. Goa Selarong

Goa Selarong terletak di Ds. Guwosari, Kec. Pajangan, Kab. Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 26 menit dari pusat kota Jogja. Goa Selarong ini dulunya merupakan basecamp gerilya Pangeran Diponegoro pada masa peperangan melawan tentara Belanda. Untuk info lengkapnya atau jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai Goa Selarong, kamu bisa langsung meluncur ke lokasi. Tiket masuknya Rp2.000/orang.

4. Kota Gede

Kota Gede terletak di kawasan kota Jogja, Yogyakarta. Kota Gede jadi salah satu pusat kegiatan kerajaan zaman dulu bahkan hingga sekarang. Dulu, kawasan ini juga merupakan kawasan para bangsawan. Berkunjung kesini, kamu bisa menjumpai deretan toko perak tradisional dan bisa merasakan Jogja tempo dulu.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta terletak di kawasan pusat kota. Di sinilah pusat segala kegiatan kerajaan. Kamu belum bisa dikatakan main ke Jogja kalau belum ke Keraton Yogykarta. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai macam pertunjukan, seperti: drama, gamelan dan tari. Kamu juga bisa berkeliling menikmati keindahan Keraton.  Tiket masuk Rp5.000/orang. Jam kunjung dari pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang.

6. Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di Ds. Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 23 menit dari pusat kota Jogja. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang didirikan sekitar abah 9 masehi. Candi ini dibangun sebagai wujuh persembahan untuk dewa-dewa. Untuk bisa menikmati kemegahan candi Prambanan, yuk langsung melauncur ke lokasi. Tiket masuk Rp40.000/orang.

Nah.. puas jalan-jalan menikmati wisata sejarah jogja jangan lupa makan dan ngopi di Wedang Kopi Prambanan. Lokasinya hanya 5 menit dari kawasan Candi Prambanan. Selamat liburan. Tetap jaga kebersihan dan keindahan sekitar.

 

 

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: