Galpentjil Heritage Pereng, Wisata Baru Ala Bali di Klaten yang Instagramable

Wedang Kopi Prambanan – Liburan memang menjadi moment paling ditunggu selepas disibukan dengan segudang pekerjaan yang menguras pikiran. Menikmati suasana alam yang masih asri nan sejuk bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi waktu libur dan kembali menyegarkan pikiran. Tempat yang menawarkan pemandangan alam yang asri nan sejuk banyak ditemukan di Indonesia, Klaten salah satunya. Ya, Klaten sebenarnya menyimpan banyak keindahan alam yang belum tersentuh. Salah satu wisata alamnya yang terkenal adalah Umbul Ponggok.

Namun, selain Umbul Ponggok, ada objek wisata lainnya yang menawarkan pemandangan alam yang begitu indah. Obejk wisata tersebut bisa ditemukan dikawasan Desa Pereng, Kecamatan Prambanan. Ya wilayah tersebut kini mulai melirik wisata alam sekitar guna meningkatkan pendapatan asli desa (PADesa). Salah satu yaitu wisata alam yang sedang digarap saat ini yaitu Galpentjil Heritage Pereng.

Lokasi dan Tiket Objek Wisata Galpentjil Heritage Pereng

Objek wisata ini berada di bawah Perbukitan Seribu Sleman, Desa Pereng, Kecamatan Prambanan. Meski pengerjaan pembangunan Galpentjil Heritage Pereng baru mencapai 20 persen. Namun, sejumlah warga dari Klaten dan sekitarnya sudah banyak yang mendatangi lokasi itu. Lantaran belum dibuka untuk masyarakat umum, setiap pengunjung yang datang ke lokasi itu belum ditarik harga tiket.

Pesona yang disajikan Galpentjil Heritage

Sebelum menikmati pemandangan di Galpentjil Heritage Pereng, setiap pengunjung harus berjalan menyusuri perbukitan sekitar 50 meter terlebih dahulu. Guna memberikan kenyamanan ke para pengunjung, pengelola objek wisata sudah menyediakan anak tangga. Sembari menyusuri perbukitan, para pengunjung sudah disuguhi dengan pemandangan Perbukitan Seribu Sleman.

Setelah menyusuri perbukitan melalui anak tangga, pengunjung langsung bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Di Galpenjtil Heritage Pereng, pengunjung dapat berswafoto dengan latar belakang Gunung Merapi dan Candi Prambanan.

Kepala Desa Pereng menuturkan bahwa Di Galpentjil Heritage Pereng ini sudah dibangun gapura dan joglo pandang. Beliau juga menuturkan bahwa anggaran yang sudah digelontorkan guna mendukung pembangunan Galpentjil Heritage Pereng senilai Rp200 juta-Rp300 juta. Pemdes Pereng masih membutuhkan banyak dana guna merampungkan pembangunan objek wisata baru tersebut.

Objek wisata ini akan resmi dibuka untuk umum kemungkinan tahun 2021. Ke depan, fasilitas di sana akan terus dilengkapi dan diperbaiki. Adapun fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung nantinya yaitu; camping ground, pasar tradisional, arena outbond, dan lainnya. Semoga kedepannya objek wisata ini juga bisa menjadi salah satu objek wisata hits di kawasan Klaten maupun Sleman.

Puas Foto-foto, Lanjut Wisata Kuliner

Setelah puas foto-foto di Galpentjil Heritage Pereng, kamu bisa lanjutkan wisata kuliner di Wedang Kopi Prambanan yang juga menawarkan pemandangan yang asri nan hijau khas pedesaan. Jaraknya sekitar 3,7 kilo meter atau memakan waktu sekitar 8 menit dari Galpentjil Heritage Pereng. Untuk lokasi Wedang Kopi Prambanan sendiri berada di Jl. Prambanan – Manisrenggo No.16, Area Sawah, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten. Jam kunjung dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

WhatsApp chat
%d bloggers like this: