Cegah Virus Corona! Ini Cara Meminimalisir Menyentuh Wajah yang Bisa Kamu Aplikasikan

Wedang Kopi Prambanan –¬†Menyentuh wajah menjadi suatu kebiasaan yang tidak disadari. Padahal, sering menyentuh wajah bisa membawa virus corona masuk ke dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa seseorang menyentuh wajahnya lebih dari 16 kali dalam satu jam. Salah satu cara untuk meminimalisir infeksi virus corona adalah dengan mencuci tangan sebersih mungkin.

Namun, psikolog klinis dari Northwester Medicine Huntley Hospital di Huntley, Illinois, AS, Zachary Sikora membagikan tips lain untuk menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah.

Kamu bisa memulainya dengan menuliskan larangan menyentuh wajah di atas kertas dan menempelkannya di tempat-tempat yang biasa kamu lihat. Misalnya di meja kantor, di dekat televisi, atau di dapur.

Cara lainnya adalah membuat tanganmu sibuk untuk hal lain, sehingga tidak sering menyentuh wajah.

Cegah Corona, Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah

Cara agar kebiasaan menyentuh wajah menggunakan tangan bisa diminimalisir dengan cara berikut ini, yaitu buat tanganmu sibuk. Jika kamu berada di rumah menonton televisi, cobalah sambil melipat pakaian, menyortir surat, atau memegang sesuatu.

Selain itu, gunakan juga pembersih tangan atau sabun tangan beraroma untuk membantu mengingatkan diri sendiri agar menjauhkan tangan dari wajah. Aroma dari tangan akan mengingatkanmu untuk tidak menyentuh wajah.

Selain itu, jika kamu sedang rapat atau duduk di tempat ramai, ia merekomendasikan tangan kanan dan kirimu saling menggenggam dan meletakkan di pangkuan. Tapi jika cara-cara tersebut tidak berhasil, mengenakan sarung tangan bisa menjadi pengingat yang efektif.

Kamu bisa mengenakan sarung tangan saat keluar ke tempat umum dan kemungkinan besar akan terpapar dengan menyentuh permukaan yang memiliki virus. Lalu lepaskan ketika kamu sampai tujuan. Ini mungkin tidak biasa, tetapi mengenakan sarung tangan di rumah juga dapat membantu kamu menghentikan kebiasaan menyentuh wajahmu.

Nah, buat kamu yang pingin traveling di tengah wabah virus Corona, ada beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan. Berikut ini tipsnya.

1. Hindari hoax, cari informasi yang benar

Mengecek kondisi terkini paparan wabah virus di negara tujuan, apakah masih cukup aman untuk dikunjungi atau justru berisiko tinggi, tentunya kita tidak akan berani ambil risiko membawa keluarga tercinta ke area yang berpotensi tinggi tersebar wabah virus disaat sedang berlibur kesana.

2. Gunakan Masker saat berada di area publik

Saat berada di tengah keramaian terutama spot yang dipenuhi turis, sebaiknya selalu menggunakan masker, dianjurkan menggunakan Masker, karena kita tidak pernah tahu apakah turis lainnya berada dalam kondisi yang fit atau tidak.

3. Hindari banyak kontak fisik di area publik

Bawa barang-barang penting yang akan digunakan sepanjang perjalanan dan mampu mengurangi kontak fisik di area publik.

4. Istirahat dengan cukup adalah kewajiban

Waktu yang terbatas saat berlibur seringkali memaksa kita mengunjungi banyak tempat tanpa memedulikan kondisi tubuh, pastikan tubuh tetap fit dengan makan makanan bergizi serta tidur minimal 6 jam dalam satu hari selama di negara tujuan.

5. Perhatikan kesehatan tubuh

Penting bagi kita memastikan tetap dalam keadaan sehat baik sebelum berangkat maupun setelah kepulangan dari luar negeri. Menyiapkan obat-obatan darurat pribadi dan mengonsumsi vitamin sebelum keberangkatan sangat diperlukan.

Info selengkapnya mengenai tips ini bisa kamu baca disini.

Yuk jaga diri dengan tetap menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan.a