7 Kuliner Legendaris Jogja yang Bikin Baper. Ah, Jogja Emang Ngangenin Banget!

Wedang Kopi Prambanan Mendengar kata “Kuliner Tradisional Jogja” terlebih yang legendaris mungkin yang langsung terbayang dalam pikiran adalah menu makanan seperti gudeg, bakpia, bacem dan jadah tempe. Makanan tradisonal tersebut memang sudah populer ke seluruh pelosok Jogja, bahkan Indonesia.Tapi, tahukah kamu? Bahwa kuilner di Jogja bukan hanya menu-menu tersebut, ada beberapa kuliner tradisonal lainnya yang juga tak kalah enak di lidah. Nah, buat kamu yang lagi di Jogja kamu wajib icip-icip menu tradisonal ini. Bukan hanya memiliki cita rasa yang lezat tapi juga mengingatkan kita akan masakan ibu di rumah, terlebih buat kamu yang dari luar Jogja. Yuk simak.

1. Sayur Brongkos

Sayur brongkos atau disebut juga dengan nama jangan brongkos merupakan salah satu jenis olahan sayur khas masyarakat Jawa, salah satunya Jogja. Sayur brongkos ini menjadi olahan sayur turun temurun leluhur masyarkat Jogja. Sayur brongkos memiliki cita rasa yang khas dan tentunya menggoyang lidah.

2. Kembang Pepaya

Kembang pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa diolah dengan cita rasa yang super lezat. Tak enak enak dan lezat, kembang pepaya juga memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesahatan tubuh. Berbahagialah kamu yang suka mengkonsumsi olahan kembang pepaya.

3. Jipang

Jipang merupakan jenis sayuran yang umumpunya masyarakt pulau Jawa menyebutnya dengan nama labu siam. Jenis sayuran yang satu ini memiliki cita rasa yang khas yang membuat para penikmatnya seolah dibawa ke masa kana-kanak. Seperti yang kita tahu bahwa masakan tradisonal memang memiliki banyak manfaat, begitu juga dengan labu siam atau jipang.

4. Jantung Pisang

Tak banyak yang mengetahui bahwa jantung pisang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Selain memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, jantun pisang juga bisa menjadi olahan masakan yang sedap. Meski jantung pisang memiliki nilai ekonomis yang rendah dengan buah pisang, akan tetapi jika jantung pisang diolah maka bisa menjadi masakan dengn cita rasa yang lezat dan tekstur yang khas. Buat kamu yang belum pernah makan olahan jantung pisang, coba deh.

5. Daun Pepaya

Kata pertama yang keluar dari mulut kamu saat memakan jenis sayuran ini adalah “unik”. Kenapa bisa begitu? Karena pada umumnya daun pepaya yang juga kerap dimanfaatkan untuk jamu ini memiliki cita rasa yang cukup pahit. Tapi dengan resep yang pas dan tepat, daun pepaya bisa menadi olahan masakan yang enak, lezat dan unik di lidah. Coba saja.

6. Cemilan Legendaris

Jogja juga terkenal dengan cemilannya yang menggoyang lidah. Mulai dari cemilan tradisional sampai cemilan kekinian. Bagi para pecinta kuliner garis keras, Jogja bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memiliki cita rasa yang pas di lidah, jajanan Jogja juga seperti memiliki “magic” yang membuat para penikmatnya ingin gigit lagi dan kembali gigit. Nah, buat kamu yang rindu akan cemilan legendaris, kamu patut coba 4 cemilan ini, seperti: telo goreng, pisang goreng, jadah goreng, mendoan, dll.

7. Minuman Legendaris

Berbagai minuman unik pun mulai menjamur ke segala penjuru daerah. Bahkan masing-masing daerah di Indonesia setidaknya memiliki minuman tradisional juga legendaris, tak terkecuali di Jogja. Umumnya, minuman-minuman tersebut mengandung rempah-rempah yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Beberapa rempah-rempah tersebut, seperti  jahe, daun serai, kayu manis dan cengkeh. Selain memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, rempah-rempah juga memiliki cita rasa yang unik dan khas.  Berikut minuman rempah-rempah legendaris yang harus banget kamu tahu dan tentu saja kamu coba, yaitu: wedang jangkruk, wedang uwuh, wedang sereh, teh rempah, teh kayu manis, dll.

Kuliner tradisional nan legendaris memang memiliki cita rasanya yang tak ada duanya. Kuliner legendaris selalu mampu membawa kita kembali ke dunia di mana kita masih kanak-kanak. Nah, buat kamu yang lagi di Jogja atau ada rencana berkunjung ke Jogja maupun Klaten, beragam kuliner legendaris seperti yang disebutkan di atas bisa kamu jumpai di Wedang Kopi Prambanan.

Jadi, lokasi Wedang Kopi Prambanan ada di jln. Prambanan – Manisrenggo No.16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.  Jaraknya hanya 5 menit dari kawasan Candi Prambanan, 50 menit dari pusat kota Jogja dan 23 menit dari pusat Klaten. Open order mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam.

(foto featured dari @wedangkopiprambanan)

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: