5 Tips Berbupasa di Bulan Ramadhan Agar Tetap Sehat dan Bugar

Wedang Kopi Prambanan Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah karena semua pahala di bulan ramadhan akan dilipat gandakan oleh Tuhan. Namun, semua pahala itu akan gugur kalau kamu tidak menjalankan ibadah puasa. Jadi, pastikan untuk terus berpuasa di bulan Ramadhan, kecuali sakit atau datang bulan bagi perempuan. Maka dari itu, ada beberapa tips berpuasa yang bisa aplikasikan.

Bagi mereka yang sudah terbiasa berpuasa tentu tidak akan menjadi masalah saat menjalan puasa di bulan Ramadhan. kan tetapi berbeda dengan mereka yang baru belajar berpuasa, tentunya mereka akan merasa kalau puasa menganggu kesehatan. Oke, bagi kamu yang baru belajar berpuasa, coba hilangkan pikiran kalau puasa itu akan menganggu kesehatan, karena puasa justru akan membuat tubuh sehat meskipun kamu melakukan pekerjaan yang berat-berat.

Agar puasa menjadi berkah, ada beberapa tips yang bisa kamu aplikan dan tentunya kamu bisa tetap sehat dan juga vit selama menjalankan ibadah puasa. Selagi niat kamu tulus berpuasa karena Allah, niscaya puasamu akan menjadi ladang barokah berkah tanpa kendala apapun. Baiklan,berikut ini tips menjalani puasa biar tetap sahat dan vit. Simak ulasannya.

1. Jangan Meninggalkan Sahur

Selain berpahala karena masuk dalam amalan sunah, bersantap sahur juga penting bagi kesehatan tubuh dan agar tubuh memiliki energi yang cukup saat beraktivitas selama menjalankan ibadah puasa. Selain itu, sahur juga mampu meningkatkan konsentrasi dan juga produktivitas selama menjalankan ibadah puasa.

2. Menghindari Tidur Selepas Subuh

Waktu selepas subuh adalah waktu yang pas untuk menghirup udara segar, karena udara pagi itu bagus untuk kesehatan tubuh. Jadi, usahakan untuk tidur dulu selepas subuh. Tunggulah setidaknya sampai matahari terbit, karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan otak. Selain itu, matahari pagi juga mampu meningkatkan mood baik karena sinar matahari pagi membantu melepaskan hormone endorphin.

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Jangan lupa untuk sikat gigi setelah bersantap sahur. Hal tersebut tentu berguna untuk menjaga kesegaran dan juga kesehatan mulut. Menyikat gigi membantu membersihkan flek sisa makanan yang menempel di gigi. Bila perlu, gunakan juga obat kumur.

4. Berolahraga

Beruasa jangan sampai kamu jadikan alasan untuk malas berolahraga. Sebab, olahraga justru membuat tubuh lebih segar dan sehat saat menjalankan ibadah puasa, dan yang terpenting, olahraga mampu meningkatkan mood baik saat berpuasa. Setidaknya lakukanlah olahraga ringan, seperti push up dan shit up atau jalan kaki 30 menit.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat juga sangat diperlukan saat berpuasa. Jangan terlalu banyak bekerja, sempatkanlah waktu untuk istirahat, dengan tidur misalnya. Bahkan tidurnya orang berpuasa itu ibadah. Jadi, mengejar ibadah itu memang sangat diperlukan saat berpuasa agar banyak mendapat pahala, namun istirahat juga perlu agar tubuh bisa kembali segar dan bersemangat dalam beraktivitas. Tapi, bukan berarti karena tidurnya orang berpuasa itu ibadah kamu jadi tidur terus-terusan. Tidurlah secukupnya saja.

Nah, itulah 5 tips berpuasa agar tetap sehat dan bugar. Semoga bermanfaat. Dan selamat menjalan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Buat kamu yang didaerah Jogja atau Klaten dan cari tempat asik untuk berbuka puasa, kamu bisa langsung meluncur ke Wedang Kopi Prambanan.

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: