Rekomendasi 5 Wisata di Jogja Dekat Gunung Merapi

Wedang Kopi Prambanan – Sampai saat ini jalur pendakian Gunung Merapi masih ditutup karena masih dalam status waspada yang berbahaya, namun ada beberapa tempat wisata di Jogja dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi.

Nah, buat kamu yang lagi di Jogja, berikut ini rekomendasi tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan keindahan dan kegagahan gunung Merapi, Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Jembatan Pluyon Kali Kuning

Jembatan Pluyon Kali Kuning ini merupakan destinasi wisata di Jogja, di Sleman tepatnya yang menawarkan pesona yang sungguh memanjakan mata. Dengan latar belakang kali kuning, gunung Merapi dan alam hijau, Jembatan Pluyon Kali Kuning ini rekomen untuk kamu kamu masukan ke dalam list liburan kamu.

Jembatan Pluyon Kali Kuning terletak di Kedungsriti, Umbulharjo, Cangkringan, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 1 Jam 5 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 26 kilo meter dari pusat Kota Jogja. Buat kamu yang mau berkunjung kesini, kamu dikenaki tiket masuk Rp6.000/orang.

2. Bukit Klangon

Bukit Klangon yang mengunsung konsep spot gardu pandang yang sungguh instagramable. Bukit Klangon ini terletak di Ds. Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi memakan jarak tempuh sekitar 30 kilometer atau memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.

Bukit Klangon bisa jadi destinasi trip kamu saat berkunjung ke Jogja. Bukit Klangon menyuguhkan panorama yang sunguh menawan dengan gardu pandang sebagai spot utamanya. Keistimewaan spot wisata satu ini yaitu memiliki latar belakang kemegahan gunung Merapi yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari lokasi. Foto di sini tentu menjadi kebahagiaan buat diri sendiri. Bukit Klangon juga salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise.

3. Bhumi Merapi

Bhumi Merapi ini merupakan destinasi wisata edukasi dan kekinian yang rekomended untuk dikunjungi saat kamu traveling ke Jogja, ke Sleman khususnya. Selain menawarkan pemandangan Gunung Merapi yang sungguh memukau, di sini juga tersedia sejumlah spot edukasi dan spot foto instagenic.Buat kamu yang ingin foto-foto cantik di kawasan Bhumi Merapi.

Bhumi Merapi terletak di Dsn. Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta. Untuk sampai lokasi, waktu yang kamu tempuh sekitar 51 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 24,8 kilometer dari pusat kota Jogja. Akses menuju lokasi cukup baik dan mudah ditemukan. Berada di kawasan kaki gunung Merapi, membuat udara di sini sejuk sembribit. biaya tiket masuk yang harus kamu keluarkan sebasar Rp10.000/orang.

3. The Lost World Castle Jogja

The Lost World Castle Jogja berada di Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Sleman. Dari pusat kota perjalanan yang harus ditempuh memakan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit atau memakan jarak tempuh kurang lebih 36 km dar. The Lost World Castle Jogja ini menawarkan  pemandangan indan nan instagramable berupa bangunan menyerupai Benteng Takeshi. Selain itu, disini tersedia  beragam wahana dari bebatuan sisa erupsi Merapi. Pada waktu-waktu tertentu, kawasan ini akan dipenuhi kabut yang membuat kawasan ini makin tampat puitis. Tiket masuk Rp25.000/orang.

4. The World Landmarks Merapi Park

The World Landmarks Merapi Park berada di Jln. Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem,  Sleman. Dari pusat kota perjalanan yang harus ditempuh memakan waktu kurang lebih 55 menit atau memakan jarak tempuh kurang lebih 25 km. Berada di Merapi Park ini kamu akan dimanjakan oleh beragam miniatur landmark dunia yang ciamik. Untuk bisa masuk ke kawasan Merapi Park dikenakan tiket masuk Rp10.000/orang.

5. Kaliadem

Gunung Merapi merupakan salah satu pesona wisata alam di Yogyakarta yang sangat memikat. Walaupun masih aktif, tetapi wisatawan selalu dibuat penasaran untuk menikmati keindahannya. Nah, kalau Sobat Pesona ingin menyaksikan kegagahan Gunung Merapi dari dekat, salah satu titik terbaik yang bisa dikunjungi adalah Kaliadem.

Letak Kaliadem berada di sisi selatan lereng Gunung Merapi. Tepatnya di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Dulunya, Kaliadem sebuah dusun kecil di kaki Gunung Merapi. Di sana terdapat kawasan hutan pinus seluas 25 hektar. Tak jauh dari Kaliadem, ada kawasan yang populer digunakan sebagai tempat berkemah oleh para pendaki. Kaliadem menyuguhkan pemandangan hijau berlatar Gunung Merapi, serta udara pegunungan yang sejuk. Sungguh membuat siapa saja yang berkunjung menjadi betah.

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: