Ini Lho Destinasi 10 Bali Baru yang Diprioritaskan Pemerintah

Wedang Kopi Prambanan Nama Wishnutama Kusubandio pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu? Yup, beliau ini merupakan pendiri sekaligus Ceo Net TV dan juga komisaris Kumparan.com. Kini, Whisnutama resmi masuk pemerintahan cabinet jilid 2 Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2019-2024.

Jokowi menyebutkan bahwa Wishnutama akan mengurus pariwisata Indonesia, 10 Destinasi Wisata Baru, dan industri kreatif. 10 Destinasi wisata baru tersebut merupakan Bali Baru yang akan menjadi wisata prioritas.

10 destinasi wisata prioritas ini sebenarnya sudah tercetus sejak tahun 2015. Deretan destinasi wisata ini akan menjadi Bali Baru atau yang dikenal dengan sebutan 10 Bali Baru. Mulai dari pariwisata hingga infrastruktur akan menjadi wisata kelas dunia. Nantinya, destinasi ini akan menjadi daya pikat baru untuk mendatangkan turis ke Indonesia.

Masing-masing destinasi wisata ini mempunyai pesona tersendiri. Bahkan, 10 Destinasi Bali Baru ini akan menjadi andalan sektor utama ekonomi nasional ke depannya. Adapun 10 destinasi wisata prioritas seperti berikut ini:

1. Danau Toba

Danau Toba merupakan danau alami dan vulkanik terbesar di Indonesia yang terletak di Sumatera Utara. Untuk mencapai Danau Toba, pemerintah membuka rute penerbangan dari Bandara Kualanamu di Medan, ibu kota Sumatera Utara ke Bandara Silangit.

2. Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Tanjung Pandan, Bangka Belitung. Pantai ini memiliki ciri khas batu granit raksasa yang mirip dengan kepala burung garuda. Selain menjadi bagian dari 10 Bali Baru, pantai ini juga ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang pariwisata.

3. Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung terletak di Pandeglang, Banten atau 160 kilometer dari ibu kota Jakarta, sehingga bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Pantai ini memiliki pasir putih dan lokasinya dekat Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Krakatau, dan Pulau Umang.

4. Pulau Seribu

Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau yang terletak di utara Jakarta. Beberapa pulau memiliki penghuni, sedangkan yang lainnya merupakan pulau yang hanya diperuntukkan demi kepentingan wisata dan riset, sehingga tidak berpenghuni.

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Setiap Hari Waisak, Borobudur menjadi tujuan ibadah bagi para umat Buddha, khususnya di kawasan Asia.

6. Mandalika

Pantai Mandalika merupakan salah satu KEK yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pantai ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan hanya berjarak sekitar 30 menit dari Bandara Lombok.

7. Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger yang meliputi empat kawasan sekaligus, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang di Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Gunung ini dikelilingi lembah, ngarai, dan kaldera atau lautan pasir.

8. Wakatobi

Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara sekaligus salah satu taman nasional di Tanah Air. Wakatobi merupakan taman nasional kehidupan bawah air yang kaya dengan panorama terumbu karang.

9. Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu desa di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan ini menawarkan balutan panorama laut biru dengan bukit-bukit hijau.

10. Morotai

Pulau Morotai merupakan pulau paling utara Indonesia yang merupakan bagian dari Kepulauan Halmahera, Maluku Utara. Morotai menawarkan keindahan pantai pasir putih dengan paduan hutan lebat.

Pemerintah telah menetapkan lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau Bali Baru dengan status super prioritas. Lima bali baru yang dimaksud yakni Danau Toba di Sumatera Utara; Borobudur di Magelang, Jawa Tengah; Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat; Bunaken di Sulawesi; dan Bangka Belitung.

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: