Rekomendasi 4 Museum di Jogja yang Begitu Estetik dan Instagramable

Wedang Kopi Prambanan – Jogja menghadirkan banyak beragam jenis wisata, salah satunya wisata museum atau wisata edukasi. So, buat kamu yang ingin menambah wawasan, yuk lekas explore museum-museum yang ada di Jogja ini.

Museum-museum ini bukan hanya menambah wawasan kita bertambah, tapi museum ini juga menghadirkan spot-spot yang begitu estetik dan tentunya instagramable. Nah, berikut ini rekomendasi 5 wisata museum di Jogja yang begitu estetik dan instagtamable. Simak ya!

1. Museum Ullen Sentalu

Tidak banyak orang tahu tentang keberadaan museum yang satu ini. Letaknya yang berada di kawasan atas, yaitu di Jalan Boyong, Kaliurang membuat museum ini jauh dari hingar bingar kehidupan kota. Koleksinya membuat siapapun terkagum-kagum, maka gak usah diragukan lagi kalau Ullen Sentalu ini memiliki predikat museum terbaik di Indonesia.

Buat kalian yang mau wisata sambil belajar dan menikmati langsung udara sejuk pegunungan, gak usah ragu-ragu buat dateng kesini. Para edukator museum sudah siap menemani kalian berkeliling dan mengajak belajar sejarah secara langsung. Oiya, tersedia kafe, restoran dan toko disini, dingin-dingin pasti enaknya ditemenin teh hangat atau menu-menu hangat lainnya. So, buat kalian yang penasaran, langsung aja kesini.

2. Museum Kolong Tangga

Namanya yang unik memang menarik perhatian masyakarakat. Memang letak museum ini tepat dibawah kolong tangga concert hall Taman Budaya Yogyakarta. Berdirinya museum yang berdekatan dengan Taman Pintar ini ramai dikunjungi anak-anak untuk bermain sambil belajar. Koleksinya tidak diragukan lagi, 10.000 koleksi berupa mainan tradisional, poster, gambar dan masih banyak lagi.

Uniknya, mainan-mainan di museum ini bukanlah mainan buatan pabrik, tetapi buatan tangan yang masih tradisional dan memiliki makna tersendiri. Seperti gasing, kuda-kudaan, yoyo, dakon, boneka sarung tangan dan lain-lain. Koleksinya tertata rapi, dan warnanya yang ramai juga bisa dibuat untuk berfoto ria sambil nostalgia dolanan jaman kecil dulu.

3. Museum Sandi

Jogja memang penuh rahasia ternyata, siapa sangka kalau Museum Sandi merupakan museum pertama dan satu-satunya di Indonesia juga di dunia yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda dan peralatan untuk mengirim pesan rahasia. Satu hal yang menarik, di Museum Sandi terdapat fasilitas multimedia dengan teknologi layar sentuh (touchscreen). Melalui fasilitas ini pengunjung diajak bermain secara interaktif untuk memecahkan kode dan sistem sandi.

Selama mengunjungi museum ini wisatawan akan ditemani pemandu yang menjelaskan tentang seluk beluk koleksi museum.Nah, gimana.. masih bilang kalau pergi ke museum itu membosankan? Museum ini tidak kalah modern dengan wisata lainnya. Letak museum ini berada di Jalan FM, Kotabaru. Gratis dan dibuka untuk umum.

4. Museum Kayu Wanagama

Lagi-lagi Jogja, kota sejuta wisata ini menawarkan tempat wisata edukasi di daerah Playen, Gunugkidul. Museum Kayu Wanagama namanya, dari namanya pasti sudah bisa ditebak bahwa museum ini merupakan museum dengan koleksi mayoritasnya berupa kayu. Beraneka ragam pahatan kayu menjadi koleksi khas museum.

Patung Gupala yang terbuat dari kayu sengon berumur kurang lebih 50 tahun, sebagai simbol keberadaan museum Wanagama, sepasang patung Roro Blonyo dan Jaka Blonyo yang terbuat dari kayu sawo berasal dari Gunung Kidul dan Boyolali, patung Toraja dari kayu uru yang berasal dari Sulawesi Selatan, entongan  (kayu jati berbentuk patung orang yang berasal dari Bojonegoro, dan aneka topeng kayu berbagai bentuk dan motif merupakan koleksi pahatan indah yang dapat ditemukan di museum Wanagama ini.Hingga saat ini, museum ini dikelola oleh Fakultas Kehutanan UGM, tidak dipungut biaya untuk menikmati keunikan koleksi di museum ini.

Yuk ke museum!

 

WhatsApp chat
%d bloggers like this: