5 Tips Solo Traveling untuk Para Wanita Biar Perjalanan Lancar

tips solo traveling

Wedang Kopi Prambanan Menurut sebagian wanita, traveling sendirian mungkin hal yang menakutkan. Tapi pendapat itu tak berlaku bagi para Solo Female Backpacker; para wanita yang memang pecandu travelling dan tahu cara aman ketika solo travelling.

Tak ada salahnya kok kalau para wanita pergi traveling sendirian. Banyak hal yang bisa kamu akukkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama berpergian. Sekarang ini semakin banyak wanita yang berpergian bahkan berkeliling dunia sendirian, tapi tetap aman sampai ke tempat tujuan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa dunia travelling tidaklah sekeras yang dipikirkan jika kita memutuskan untuk berpergian sendiri. Nah, berikut ini beberapa tips solo traveling buat para wanita biar yang aman selama perjalanan.

1. Cek barang bawaan sebelum pergi

Siapkan semua barang bawaan yang dibutuhkan. Berupa pakaian yang dibutuhkan, obat-obatan, alat ibadah, perlengkapan mandi, dll. Jangan sampai ada yang tertinggal apalagi kalau itu adalah barang yang penting.

Jadi minimal 3 kali pastikan semua barang bawaan sudah masuk ke dalam koper/ransel. Usahakan jangan terlalu banyak barang bawaan, sesuai kebutuhan aja, biar nggak ribet dan nggak mengganggu kenyamanan pas kita travelling.

2. Catat nomer-nomer penting

Nomor-nomor penting atau nomor darurat sangatlah penting dibawa saat kita pergi jauh ke kota atau bahkan ke negara lain. Nomer yang wajib dicatat adalah keluarga atau orang tua, kakak, teman dekat, atau sodara yang tinggal di kota yang akan kita kunjungi itupun klo ada, lebih bagus lagi ada nomor rumah sakit dan nomor kantor polisi setempat.

3. Jangan menyimpan semua uang di dompet

Usahakan simpan uang yang kamu miliki merata, di dompet, di tas, di saku, atau tempat lainnya yang sekiranya aman untuk mengantisipasi kemungkinan uruk yang bisa saja terjadi. Dan berhati-hati juga saat mengeluarkan dompet, apalagi ditempat umum.

4. Berpenampilan sederhana

Jangan perlihatkan barang-barang berharga yang kita miliki, barang-barang mewah atau semacamnya yang bisa mengundang para penjahat tertuju pada kita. Jangan berpakaian atau berpenampilan terlalu glamour, jangan terlalu memperlihatkan kesan kita mempunyai harta yang melimpah. So, be brave, ladies! Kita bisa menjaga diri kita sendiri selama tidak ada orang lain yg menjaga kita.

5. Tidak pernah lupa berdoa

Dan yang terpenting daripada itu semua adalah tidak lupa berdoa sebelum kita berpergian, meminta doa orang tua, dan usahakan untuk selalu berdoa dan mengucap salam dimanapun kita berada. Karena saat kita berpergian jauh dari keluarga, apalagi saat kita pergi sendirian, Tuhan yang selalu bersama kita, jadi jangan pernah merasa sendiri dan takut.

So, itulah beberapa tips solo treveling buat para wanita biar aman selama perjalanan. Selamat liburan. Tetap jaga diri dan tetap jaga kebersihan alam sekitar.