6 Tips Wisata Kuliner untuk Mendapatkan Pengalaman Kuliner Seru dan Mengasikan

tips wisata kuliner

Wedang Kopi Prambanan – Wisata kuliner memang biasa dilakukan saat berkunjung ke suatu tempat baru. Informasi di Internet biasanya diandalkan untuk mencari daftar makanan terbaik dari daerah atau negara tersebut.

Namun tunggu dulu, di internet, informasi khususnya testimoni yang beredar rawan palsu. Begitu pula di media sosial, dengan adanya dukungan kerja sama berbayar antara restoran dan pemegang akun ternama.

Nah, buat kamu yang mau wisata kuliner, ini beberapa tips wisata kuliner yang bisa kamu aplikasikan sebeelum menyambangi tempat kuliner yang akan kamu tuju. Simak baik-baik ya.

1. Tanya Teman yang Orang Lokal

Orang lokal biasanya hafal mengenai kuliner rekomendasi di tempat mereka. Jika bisa tanyalah teman yang memang suka mengeksplorasi makanan. Tanya lebih dari satu orang juga tidak ada salahnya, karena selera setiap orang berbeda.

2. Tanya Concierge Hotel

Jika sama sekali tidak ada yang dikenal di daerah tersebut, cobalah bertanya kepada concierge hotel. Mereka akan dengan senang hati memberi rekomendasi kuliner setempat. Sebutkan kuliner seperti apa yang dicari, sebab concierge hotel sering kali berkonsentrasi dengan kelayakan tempat makan bagi para tamu.

3. Cari yang Ramai Pengunjung

Cara termudah bisa melihat dari jumlah pengunjung di rumah makan. Terkadang kuliner terbaik berada di tenda kaki lima, di pelosok gang sempit. Jangan ragu untuk menjelajah dan bertanya.

4. Jangan Makan yang Ada di Daerah Asal

Beranikan diri untuk mencoba hal baru. Di setiap negara biasanya selalu ada gerai cepat saji, tetapi bukannya itu juga ada di negara asal? Kecuali jika memang ada menu khas yang hanya dijual di kawasan tersebut.

5. Hindari Makan di Lokasi Turis

Kuliner di daerah turis atau obyek wisata identik dengan harga yang lebih mahal, porsi lebih sedikit, dan rasa yang kurang autentik.

6. Berkunjung ke Pasar atau Pasar Swalayan

Wisata kuliner tidak melulu harus di restoran. Justru di pasar ada banyak kuliner lokal yang dijual. Begitu pula dengan pasar swalayan. Anda dapat dengan leluasa melihat kandungan makanan yang dijual. Bisa juga menjadi oleh-oleh dengan harga yang justru lebih murah daripada di toko khusus oleh-oleh.

Nah, itulah 6 tips wisata kuliner yang bisa kamu aplikaskan biar pengalaman wisata kuliner kamu makin seru dan mengasikan. Buat kamu yang liburan di Jogja atau Klaten dan cari tempat kuliner yang asik dengan nunasa klasik, Wedang Kopi Prambanan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi Wedang Kopi Prambanan ada sekitar 2,5 km atau sekitar 5 menit dari kawasan objek wisata Candi Prambanan, tepatnya berada di jln. Prambanan – Manisrenggo No.16, Bugisan, Kec. Prambanan, Klaten. Kalau kamu start dari Malioboro, waktu yang kamu butuhkan untuk sampai Wedang Kopi Prambanan sekitar 50 menit. Sementara buat kamu yang dari arah pusat kota Klaten Klaten, waktu yang kamu butuhkan untuk sampai lokasi memakan waktu sekitar 23 menit perjalanan. Jam bukanya dari pukul 9.30 pagi sampai 10 malam.MMMOIdfzc